Archive for the ‘ Riset Oto ’ Category

Ini Pabrik Mobil Pertama di Indonesia

Tanjung-Priok-1937

Pasar mobil Indonesia saat ini 90 persen dikuasai oleh merek-merek Jepang. Namun, siapa sangka kalau sebelum merek Jepang eksis di Indonesia, merek Amerika Serikat, Chevrolet sudah jauh lebih dulu hadir. Bahkan, Chevrolet adalah produsen mobil pertama yang membangun pabrik di Indonesia.

Jika ditelusuri lebih jauh, sejatinya GM bukanlah perusahaan otomotif baru di Indonesia. Dan Chevrolet bukanlah merek kemarin sore di negeri ini. Walau tidak ada data pasti tentang kapan produk GM memasuki ke Indonesia, tetapi cikal bakal kiprah mereka di Indonesia berawal dari NV General Motors Java Handel Maatschappij (NVGMJHM) yang didirikan sebagai perusahaan terbatas sesuai hukum Jawa, Dutch EastIndies pada tanggal 3 Februari 1927.

Menurut hukum saat itu, NV (Naamloze Vennootschap) dapat diartikan sebagai Perusahaan Terbatas dan Handel Maatschappij adalah perusahaan dagang.

Saat itu, Chevrolet menjadi ujung tombak penjualan GM di Indonesia sehingga permintaan pasar yang tinggi terhadap Chevrolet mendorong GM membangun pabrik perakitan di Tanjung Priok pada 1938. Inilah pabrik perakitan mobil yang pertama di Indonesia.

Continue reading

Sejarah Singkat IMI

 

HUTIMIKE107-480x328

Pada tanggal 27 Maret 1906 didirikan Javasche Motor Club yang berkantor di jalan Bojong 153 – 156, Semarang. Dalam perkembangannya Javasche Motor Club dirubah namanya menjadi Het Koningklije Nederlands Indische Motor Club (KNIMC) yang selanjutnya sejalan dengan tuntutan zaman nama KNIMC.

Continue reading

Jangan Merokok Sambil Nyetir!

Bagi perokok, bisa merokok dalam mobil mungkin memberikan kenikmatan tersendiri. Tapi jangan salah, merokok ketika kita sedang mengendarai mobil bisa berujung bahaya.

Bukan apa-apa masbro. Alasannya sih sepele. Karena merokok saat mengemudi bisa memecah konsentrasi Anda ketika berada di jalan raya.

Bayangkan masbro jika masbro sedang berkendara dengan kecepatan 100 km/jam dan tiba-tiba bara api rokok jatuh di pangkuan, lalu apa yang terjadi?

Kalo ane sih pasti akan breakdancing seperti Michael Jackson untuk menghindari panasnya bara api, dan tanpa disadari rintangan besar sudah ada di depan dan siap menghajar kita. 😀 😀 😀
Continue reading

Honda dan Yamaha Rusak MotoGP?

Yes.. Ya memang sih, kalau kita lihat balapan MotoGP sekarang terus di dominasi sama dua merek saja.. Honda dan Yamaha… Sesekali Ducati mengganggu.. Nah karena dominasi duet Jepang itu, bos BMW keki sendiri broo… Dia bilang Honda dan Yamaha yang hancurin MotoGP..

Hehehe… Kalau melihat kenyataan, MotoGP memang sudah mulai membosankan.. Ya mau gimana lagi, kalau bukan Yamaha ya Honda yang juara.. Bosen juga jadinya.. Merek lain belum ada yang bisa bicara banyak selain Ducati yang sempat menyodok dominasi duet maut itu dan menjadi juara beberapa tahun lalu.

Dan salah satu orang yang bete ngeliat kenyataan itu adalah bos BMW… Ya.. Karena itu BMW Motorrad Motorsport saat ini memilih untuk memfokuskan pada ajang Superbike World Championship. Saat kembali ditanya soal peluang mereka berlaga di MotoGP, kemungkinan tersebut langsung ditampik.
Continue reading

Hah! Mobil Lebih Seksi Dibanding Cewek?

Malam-malam begini emang paling enak ngomongin cewek. Tapi kalau kita sangkutin ke otomotif, lebih seksi mana ya.. Mobil atau cewek? Di banyak negara, terutama di negara maju, mobil ternyata dianggap lebih seksi dibanding cewek… waduh…

Buat buktiin, iseng-iseng gue browsing mengenai hal ini. Ternyata ada survei di tahun 2010 yang membenarkan hal tersebut.. weleh-weleh..

Contohnya di Kanada yang kata The Star masyarakatnya memang fanatik mengemudi. Mereka bahkan rela tidak menyentuh makanan cepat saji atau junk food, kopi, televisi atau bahkan seks dibandingkan bila mereka harus dilarang mengemudi.
Continue reading

Cihuyy.. Motor Terbang Bukan Lagi Mimpi

Cihuyyyy… Kalau dulu barang-barang canggih cuma dimiliki Doraemon, kini tidak lagi… Contoh saja, kalau dulu motor terbang hanya ada di impian, kini motor yang bisa terbang bukan lagi mimpi… Sudah ada broo…

Dan orang yang iseng membuatnya adalah Chris Malloy yang telah berhasil menciptakan sebuah motor terbang yang diberi nama Hoverbike.

Dikulik-kulik, motor terbang ini ternyata dibekali mesin 4 stroke berkapasitas 1.170 cc. Roda yang biasa menjadi kaki motor pada umumnya digantikan perannya oleh dua baling-baling sebagai pengganti roda dan mampu menyalurkan tenaga hingga 80 kW serta terbang hingga ketinggian 10.000 kaki. Wushhh

Ketika di udara, Hoverbike yang dibangun Malloy selama dua tahun diakhir pekan ketika libur bekerja ini sanggup melesat hingga kecepatan 150 knot atau sekitar 278 km perjam. Kencang juga yaaa..

Continue reading

Lain Padang Lain Ilalang. Di Indonesia Bikin SIM Gampang, Di Inggris Susah Brooo

Hayooo, siapa yang belum punya SIM alias Surat Izin Mengemudi? Kalau sudah punya, hayoo ngaku, itu SIM bikinnya murni atau nembak…?

Ngomong-ngomong soal SIM di Indonesia memang rada ribet ya.. Di bumi nusantara sudah jadi rahasia umum kalau paling gampang tuh bikin SIM, tinggal bayar ke oknum, dan SIM pun di dapat dengan tarif antara Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu.

Padahal biaya untuk bikin SIM hanyalah dikisaran Rp 100 ribuan!!!

Hmm, kalau dipikir-pikir, sudah ada berbagai macam cara kepolisian untuk mereduksi peran calo atau oknum yang mau memanfaatkan keinginan setiap pengendara untuk mendapat lisensi berkendara. Yang terbaru, bapak-bapak polisi sampai bikin kursus untuk para calon pemegang SIM agar lulus. Tapi tetap saja praktek dan fenomena ‘SIM Nembak’ masih ada…

Lain padang, tentu lain ilalang. Mungkin ungkapan ini cocok untuk melihat fenomena SIM di Indonesia kalau kita mau membandingkannya dengan Inggris..

Sebab, bukan apa-apa. Ternyata bikin SIM di Inggris cenderung susah broo.. Bahkan ada seorang yang sampai gagal uji teori setelah 92 kali mencoba. ckckck…
Continue reading