Belanda Punya Sejarah Panjang Mobil Kencang!

Mendengar nama Belanda di industri otomotif tiap orang pasti heran karena nama Belanda kini tidak semengkilap nama-nama seperti Italia, Inggris, Jerman, Amerika Serikat atau Jepang dan Korea serta China. Tapi siapa sangka Belanda memiliki sejarah otomotif yang lumayan panjang.

Sejarah otomotif di negeri kincir angin pun terbilang menarik dan banyak diwarnai mobil-mobil kencang yang kini menjadi dominasi Italia.

Lihat saja mobil sport bongsor lansiran 1915 ini. Kalau hanya sekilas saja memandang, kita pasti akan menyangka ini bukanlah mobil untuk manusia, tapi untuk seorang raksasa. Bentuk tubuh yang bongsor menjadi alasannya.

Dan memang, selain ukurannya yang terbilang raksasa, mesin yang digendong mobil ini termasuk super besar dengan kapasitas 17.000 cc! Angka itu sangat besar karena mesin mobil sport modern saja rata-rata hanya berkapasitas sekitar 6.000-an cc.


Karena itulah tidak aneh bila mesin tiga silinder yang dikawinkan dengan transmisi 3-speed ini memerlukan 3 busi untuk memercik pembakarannya. Tapi berkat itu pula si raksasa merah ini bisa melaju hingga ke kecepatan 160 km/jam. Sebuah kecepatan yang sangat cepat di awal tahun 1920-an.

Mesin mobil ini dibangun oleh seorang insiyur Belanda bernama Joseph van Blerck kelahiran 17 Agustus 1876. Dia adalah seorang insinyur yang sangat terampil dan inovatif yang datang ke Amerika Serikat pada tahun 1904 dan bekerja untuk Henry Ford di Detroit.

Sekitar tahun 1906 ia membentuk perusahaan Van Blerck Motor, yang kemudian menjadi salah satu produsen mesin kapal terkemuka pada akhir 1910-an.

Dan yang pasti, mobil ini merupakan sebuah mobil contoh dan karenanya hanya ada satu di dunia. Tidak heran bila pada tahun 2008 mobil itu dilelang hingga US$ 288.200.

Itu contoh inovasi jaman baheula. Untuk era masa kini, ada mobil super bernama ISIS AM01.

Sang pemimpin Anton van Nunen dan Max Alting Siberg mengklaim kalau mobil yang telah mereka bangun selama 4 tahun ini mampu menjadi kendaraan super cepat dan mengalahkan kendaraan super cepat yang selama ini dikuasai oleh produsen Italia dan Jerman.

Berbekal mesin boxer dengan turbocharged yang dicomot dari Subaru Impreza WRX STI mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 275 hp dengan torsi 350 Nm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5-speed yang pada akhirnya mampu membawanya berlari hingga 260 km/jam.

Sudah selesai sampai disitu? Ternyata tidak! Sebab masih ada lagi inovasi dari Belanda yakni Savage Rivale yang berhasil membuat supercar 4 pintu dengan fasilitas bagai sebuah yacht darat bernama Savage Rivale Roadyacht GTS.

Pabrikan Belanda ini percaya kalau ada kekosongan segmen dimana ada beberapa orang kaya yang ingin memiliki mobil cepat tapi juga bisa menampung penumpang lebih banyak dari mobil sport yang kebanyakan hanya memiliki dua tempat duduk semata.

Tapi, hanya akan ada 69 Savage Rivale Roadyacht GTR yang akan diproduksi dan akan memulai pengiriman ke para pemesannya di awal tahun 2013.

Kekuatan mobil ini akan didapat dari aplikasi mesin performa tinggi LS7 V8 yang dicomot dari mobil Chevrolet Corvette Z06. Hanya saja, untuk Savage Rivale Roadyacht GTS, mesin berkapasitas 7.0 liter tersebut sudah diracik sedemikian rupa hingga akhirnya mampu memproduksi kekuatan hingga 601 tenaga kuda dan torsi 553 lb-ft.

  1. wah bagus tu bisa diadu sama punya aku berani

  2. ready

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: