Kemanakah Kanzen?

Gema mobil nasional sudah surut. Tidak ada lagi yang bicara mengenai mobil nasional. Tapi sadar enggak kalau saat berita mobil nasional tengah tersaji di berbagai media, nama motor nasional Kanzen tidak tersebut. Apa kabar Kanzen?

Tidak jelasnya nasib Kanzen tentu mengundang pertanyaan. Bagaimana tidak, sejak 2 tahun terakhir mereka tidak memberikan data penjualan motor mereka ke Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. Padahal, Kanzen hingga sekarang masih tercatat sebagai anggota Aisi dan tiap bulannya harus menyetor data penjualan.

Tidak ada kata lain yang bisa mewakili kondisi Kanzen saat ini selain: Mati Suri!

Posisi Kanzen sebagai anggota Aisi yang vakum memberikan data penjualan pun senasib dengan Dan Motor yang menjadi produsen motor Piaggio beberapa puluh tahun lalu dan ikut serta dalam mendirikan Aisi di Indonesia.

Padahal, di Jakarta MotorCycle Show (JMCS) 2009 gue masih ingat bagaimana Kanzen ikut serta berpameran bersama pabrikan motor besar dari negeri asing.

Kanzen Hybrid

Kalau tidak salah, ketika itu Kanzen sudah memelopori industri roda dua Indonesia terkait penggunaan gas melalui Kanzen Hybrid yang memiliki sebuah mesin 4 langkah SOHC berkapasitas 110 cc yang inovatif bernama Hybrid Fuel Concept, dimana pasokan bahan bakar terbagi dalam dua sistem, yakni, sistem instalasi bahan bakar bensin dan sistem instalasi bahan bakar LPG yang menjadikan motor ini menjadi lebih ekonomis.

Mesinnya mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 78 ps pada 8000 rpm dengan torsi mencapai 8,04 Nm pada 4000 rpm.

Ada pula Kanzen Multi Purpose Motorcycle (MPM) dan Kanzen Taurus Biofuel Ethanol.

Kanzen MPM merupakan sepeda motor yang dirancang untuk mengutamakan kapasitas, kemudahan dan kekuatan. MPM menggunakan rangka yang lebih kokoh dengan material pipa baja, sehingga memudahkan pengguna untuk memodifikasi sesuai dengan kebutuhannya.

Kanzen MPM

MPM juga dilengkapi dengan system ‘Swinging Engine’, dimana mesin terpasang pada konstruksi swing arm roda belakang, yang merupakan satu suguhan species baru dari Kanzen.

Tak kalah dengan MPM, seiring dengan maraknya kampanye kebersihan lingkungan, Kanzen pun melalui generasi Taurus memajang Kanzen Taurus Biofuel-Ethanol.

Sepeda motor yang dirancang dengan konsep ramah lingkungan ini, bisa menggunakan bahan bakar pengganti bensin murni dengan perbandingan campuran hingga 50 persen (E50). Pada putaran 7.000 RPM, mampu menghasilkan daya 8,5 Hp, sehingga akan memberikan sensasi berkendara yang sama tanpa mengurangi apa yang dirasakan pada saat berbahan bakar bensin.

Ada juga motor sport Roadwin 200 yang gagal diluncurkan tapi sudah dipamerkan. Motor Kanzen ini mengusung mesin 4 stroke SOHV 4 valve berpendingin udara yang menggunakan transmisi 5 percepatan ini diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 12 kW pada 9.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 15 Nm pada 7.000 rpm.

Kanzen Roadwin

Dengan segala inovasinya di nafas terakhir itu, sebenarnya menunjukkan kalau pada dasarnya para insinyur Kanzen belumlah menyerah untuk berinovasi. Tapi sayangnya, manejemen beda lagi. Merek ini kini entah berada dimana. Dealernya saja kini sudah tidak ada, lah bagaimana mau jualan.. huft

Kabar yang gue denger sih para pemegang sahamnya ribut yang pada akhirnya berujung pecah kongsi. Dan saat itu terjadi, Kanzen-lah yang jadi korbannya. Oh, Kanzen… Kasihan…

Oya, kalau kata Wikipedia, “Kanzen adalah merek sepeda motor asli dari Indonesia. Merek ini diproduksi oleh PT.Semesta Citra Motorindo yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Rini Suwandhi (mantan menteri perindustrian). sepeda motor Kanzen menghasilkan beberapa jenis sepeda motor, diantaranya: Kanzen Scudetto (skuter otomatis), Kanzen Taurus (bebek) dan Kanzen Taurus Ultima (bebek yang ditinggikan dan menggunakan ban pacul).”

    • Tulus Budi
    • May 2nd, 2012

    ga ada perlindungan pemerintah terhadap produk lokal, duit dibiarkan ngalir ke jepun ampe yamaha jepun pun hidup dari konsumen indonesia… salah kaprah yg luar biasa…… ada perusahaan otomotip lokal berkembang dikit udah dihabisin ama grup otomotif peliharaan jepun besar macem ASTR* pemerintah keok karna suap dan ancaman investor asing kabur, ck..ck..ck.. andai ada generasi soekarno baru dgn semangat nasionalisme yg menyala-nyala…..

    tapi yo wes-lah pokoke ora melu-melu……

  1. di tambah lagi masyarakat kita yang terlalu komsumtif dan gila merk…

    • james
    • May 2nd, 2012

    Ane kebetulan punya sepupu yang suaminya sopir seorang petinggi diperusahaannya Rini Suwandi, yg membangun Kanzen. dia bilang semenjak terjadi kebakaran pabriknya beberapa tahun lalu, kanzen sptnya sdh tidak produksi lagi, selain alasan kurangnya penjualan tentunya. jadi sekarang ini mereka hanya menhabiskan stok yg ada saja. udah gitu, bos besar, bu Rini mengalihkan bisnisnya dari otomotif ke media TV, katanya mrk membangun perusahaan TV satelit semacam indovision, telkomvision, aora TV. nah kabarnya AoraTV itu bisnis mrk sekarang. sayang bgt yah, padahal kata sodare ane tsb, motor kanzen itu bagus lho, ga kalah sama honda, baik kualitas mesin dan bodi. dia bisa bilang bagus krn dia dapat jatah kendaraan operasional motor kanzen pesona.

  2. masih ngiler dgn KANZEN SCUDETTO-nya…. top markotop!! btw, Dan Motor ampe sekarang masih jalan, kok. Mereka yang menyuplai Kawasaki. ya, AORA dan CENTRIN sebelumnya milik Ibu Rini Suwandi, tapi sejak 2 tahun lalu, sebagian sahamnya sudah dijual. Sepertinya Ibu Rini Suwandi kudu banyak belajar mengenai bisnis😀

    • aurigaer
    • July 5th, 2012

    KMI (kanzen motor indonesia) sebagai pabrikan sudah gulung tikar. diikuti pula oleh semesta finance sebagai usaha pembiayaannya yang baru-baru ini pailit.

    sangat disayangkan memang, saya sendiri adalah pengguna kanzen auriga, motor hasil rakitan anak-anak smk yang kualitasnya tidak mengecewakan.

    bangsa kita hanyalah menang di semboyan yang hanya sampai mulut saja. tidak pernah ada rasa cinta kepada buatan bangsa sendiri, tidak pernah ada inisiatif untuk turut membantu sesamanya. adalah tanggung jawab bangsa (baca : para pejabat korup) ini apabila inovasi-inovasi anak negeri hanya sampai di awang-awang saja.

      • Yudi
      • October 1st, 2012

      bener banget mas, saya setuju sama mas, pemerintah sekarang itu ngk lebih dari perpanjangan tangan kolonialisme baru (penjajahan dari perusahaan multi corps)
      saya kecewa banget kenapa product sebagus kanzen harus mati suri..
      saya pengguna kanzen pesona, tu motor udh melanglang buana kemana2 dan mesin masih moncer ngk kalah sama motor merk honnyet dst..

  3. eman’e.. apadahal model-modelnya keren.

    • pendoel
    • September 9th, 2012

    banyak yang kecele beli motor china …………KANZEN tidak dilirik, padahal dibanding motor sekelasnya KANZEN lebih unggul, anak saya pake KANZEN 2001 sampai sekarang masih OK dibanding mocin sekelasnya, mungkin akibat kurang promosi KANZEN sehingga ketinggalan pasar

  4. dukungan pemerintah mana.

    • Nofear
    • October 16th, 2012

    urus dulu tuh semesta finance…. masih banyak yg sudah lunas tapi bpkb byk yg belum keluar. terutama diwilayah lampung…. alasannya tidak berujung karna selalu nunggu dari jakarta kalau ditanya

    • ylasita
    • November 9th, 2012

    jd dapetin kanzen baru ,dimana om?

  5. mau yang bahan bakar gas

  6. ya kalau cuma mati suri sih gak apa2 pokok gak mati betulan ,mungkin nanti ada putra/i bangsa ini yang bisa membangkitkannya kembali .salam saya rider kanzen

  7. Kecewa memang, saya adalah guru di smkn 4 jkt, 2009 siswa kami merakit motor kanzen produk detail saya tahu percis….semua standart internasional. menurut saya GA DAPAT KEPERCAYAAN DARI PENDUDUK NEGARA YANG DICIPTAANNYA….

    • Adji
    • February 26th, 2013

    Sy beli Kanzen Scudetto dr baru (th 2002) & sampai sekarang msh sy pakai…dg kata lain, sdh lbh dr 10 thn. Mesin & body nya masih OK & sampe sekarang pun kl di jln msh diliatin bnyk org … & bangga rasanya memakai produk buatan ank bangsa sendiri yg tak kalah canggih teknologi & kualitasnya…

    Seandainya Rini Suwandi atau siapapun dedengkot PT Semesta Citra Motorindo membaca komentar2x d blog ini ..smoga bs meng-INSPIRASI mrk u menghidupkan kembali motor merk KANZEN
    ………krn sy pasti akan membeli lg produk matic nya yg sekelas Scudetto …

    • lgsial
    • March 8th, 2013

    kanzen kebakar pabriknya, setelah itu redup dan menghilang, andai ada suport pemerintah pasti bisa bangkit

    • YNOR_Ngalam
    • March 14th, 2013

    yups…eman sekali…pdhl wkt aku lihat motor Kanzen Auriga esemka bagus lho…cuma mmg motor Nasional kurang di pelayanan setelah pembelian….dan harga jual kembali jatuh…itulah salah satu alasan knp penjualan gak begitu besar….pdhl secara kualitas msh bagus dan harga masih miring….

  8. sEMOGA AJA DA YANG TERGUGAH MENGHIDUPKAN KEMBALI…. AKU IKIUTAN DAH.. DEMI PUTERA-PUTERA BANGSA … DEMI INDONESIA… DEMIKIAN !!!

    • denny yuniar
    • August 23rd, 2013

    saya mau beli yang Kanzen Hybrid, tapi sedih deh sekarang sdh tidak ada…. lagi produk anak bangsa ini.

    • yuki
    • September 19th, 2013
  9. HIdup Jepang, Hidup Nipon, hidup yamaha, hidup honda, hidup suzuki, hidup nissan, hidup mazda….hancurkan produk local…suap terus pejabat2 Indonesia…hidup nipon tak bisa dilawan…,

    • agus
    • November 11th, 2013

    setujuuuuu…. aku kok punya ide.. supaya produk motor indonesia bisa bersaing.. di samping kualitas dan desain produk yang bagus yang bisa di terima konsumen ( bangsa indonesia) yang di dampingi harga bersaing, harusnya pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap hal ini, seperti membuat kebijakan alternatif.. contohnya.. mensubsidi dalam bentuk.. membebaskan / memurahkan pajak untuk produk indonesia.. kita yakin akan banyak yang beli kanzen dan semakin laris,
    asal kita tahu.. untuk membangun bangsa tak selamanya di dukung dengan membayar pajak… namun sebenarnya juga dengan membebaskan pajak…betulllll…
    skemanya : motor laku…pabrik meluas… tenaga kerja terserap.. pengangguran menurun.. produk terkenal… laku di pasaran internasional.. penelitian berlanjut.. produk semakin maju dan canggih…
    dan bangsa kita mampu bersaing.
    dan kita lepas dari ( budak bangsa lain)

    • michael
    • November 12th, 2013

    kanzen itu produk yg sangat bagus,,,knpa kanzen hancur/gulung tikar….? ini yg bikin kanzen hancur….1.bu rini terlalu berani gaji tinggi mulai karyawan pabrik sampai top manager/directur…sy tau bu rini ingin seperti astra,,,2.biaya opersianal terlalu tinngi…termasuk gaji kepala cabang,,sewa mobil dinas utk cabang,sewa kantor,gaji staf di atas rata2…sementara penjualan kanzen cabang minim sekali…3,kepala cabang kerjanya kurang maksimal,,

    • michael
    • November 12th, 2013

    kalo bu rini baca ini,,,sy adalah orang yg sedikit ikut mensukseskan kanzen d surabaya dan madura/sumenep thn 2001 2004…sy mash ingat gmn susahnya memoerkenalkan kanzen d sumenep,,,tp kami dan temen2 tdk mengenal rasa putus asa,,akhirnya kanzen bisa d terimah oleh masarakat madura,,,hampir 400 unit kanzen terjual d sumenep…desember 2004 kami kena phk…karna kondisi kanzen katanya lg sakit….awal 2007 sy masuk lagi d kanzen. alhamdulillah saya bisa menjual kanzen k pt panglima pamekasan sekitar 100 unut,,akhir 2008 sy kena phk lagi,,,,dan sekarang kanzen g bangun lagi…..kalo kanzen bangkit kagi,,cari orang2 yg mau bekerja…kepala cabang tugasnya bukan hanya ongkang2 di meja,,,tp gmn cabang ada kontribusi penjualan..,bekerja..bekerja,,bekerja,,,!

    • polepol
    • December 16th, 2013

    maju terus KANZEN, produk INDONESIA, saya minat yang kanzen semi trail.

    masyarakat Indonesia sudah tergila gila ama honpret, yamapret, kaoskaki. zusuki,,

    ayo dong kanzen idup lagi, mulai produksi massal motor motornya

  10. pdahal aku pengen banget beli Kanzen Hybrid…, oh Kanzen bangkitlah,,, bangkitlah…,

    • Dava
    • February 4th, 2014

    Coba Kanzen hidup lagi dan produksi Motor semi trail atau trail pasti kita kita yg cinta produk dalam negeri akan membelinya

    • Apul
    • August 28th, 2014

    Temen2 rider Scudetto, yang cari spare part-nya di negara tetangga ada tuh ..!
    Dipasarkan disana sejak tahun 2004 dengan nama NAZA Blitz, beda specs hanya di mesin 150cc pake injeksi. selebihnya sama. kerennya lagi lampu pake yg di fairing, tinggal plug n play.
    Saya pernah cari karbu-nya untuk Scudetto malah diketawain, motosikal ni dah injeksien lah baang . . !!

  11. klo gak salah mesin kanzen buatan cina??

  12. Bukan buatan China Mas, tapi Taiwan.
    Ori-nya under TGB (Taiwan Golden Bee)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: