Mobil Hybrid Bukan Barang Baru Bro.. 1900an Juga Sudah Ada!

Kalau baca berita otomotif baik di dalam negeri maupun di luar negeri, semua pasti paham kalau mobil yang punya dua dapur pacu alias hybrid dianggap sebagai mobil masa depan di tengah makin menipisnya cadangan dan ancaman terus meningkatnya harga minyak bumi.

Nah, tapi tahu enggak bro kalau ternyata teknologi dual mesin yang menggerakan sebuah kendaraan alias hybrid ternyata bukan merupakan teknologi terbaru. Karena, usut punya usut, di awal tahun 1900-an, mobil-mobil hybrid sudah sempat berkembang luas.
Kalau enggak salah sih, mobil hybrid pertama di dunia adalah mobil keluaran Porsche pada tahun 1900.

Setelah Porsche, ada lagi mobil lainnya yang mengaplikasi teknologi ini yakni mobil Woods Dual Power Model 44 Coupe lansiran tahun 1916. Mobil ini digerakkan oleh tenaga dari dua mesin yakni mesin bensin dan baterai.

Mesin bensin yang digunakan mobil klasik tersebut adalah sebuah mesin bensin empat silinder yang kemudian berpadu dengan sumbangan tenaga penggerak dari satu set baterai. Hmmm, cerdit juga ya…

Dengan perpaduan itu tuh, mobil ini dikatakan sanggup berjalan hingga kecepatan 15 mph atau sekitar 24 km/jam sampai 35 mph atau 56 km/jam. Kencang juga untuk ukuran mobil saat itu.

Orang yang berada di belakang mobil ini adalah Clinton Edgar Woods yang merupakan penulis buku pertama soal mobil listrik. Woods mendirikan Woods Motor Vehicle Co pada 1899 dan membangun 30 model mobil.

Adapun kendaraan listrik murni atau perpaduan listrik-bensin sudah mulai mereka jalankan antara tahun 1911-1918 dengan biaya sekitar US$ 2.700. Angka yang mahal ketika itu..

Nah, perkembangan mobil hybrid seakan terhenti menyusul bonanza minyak pada tahun 1930-1950 yang diikuti dengan penemuan ladang minyak baru pada tahun 1960an, mobil hybrid tenggelam dan mobil berbahan bakar minyak mengambil alih.

Baru setelah periode 1990an, setelah produksi minyak tidak lagi banyak dan penemuan ladang minyak baru semakin menipis, dan isu lingkungan akibat emisi mobil minyak, mobil hybrid kembali dilirik produsen mobil.

Salah satu pionirnya adalah produsen Jepang, Toyota yang mengeluarkan mobil hybrid produksi massal pertama di dunia pada tahun 1997 yakni Toyota Prius dan Honda dengan Insight, yang kemudian diikuti oleh produsen mobil lain di dunia.

  1. waaah unik juga nih,, kereenn..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: