Lain Padang Lain Ilalang. Di Indonesia Bikin SIM Gampang, Di Inggris Susah Brooo

Hayooo, siapa yang belum punya SIM alias Surat Izin Mengemudi? Kalau sudah punya, hayoo ngaku, itu SIM bikinnya murni atau nembak…?

Ngomong-ngomong soal SIM di Indonesia memang rada ribet ya.. Di bumi nusantara sudah jadi rahasia umum kalau paling gampang tuh bikin SIM, tinggal bayar ke oknum, dan SIM pun di dapat dengan tarif antara Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu.

Padahal biaya untuk bikin SIM hanyalah dikisaran Rp 100 ribuan!!!

Hmm, kalau dipikir-pikir, sudah ada berbagai macam cara kepolisian untuk mereduksi peran calo atau oknum yang mau memanfaatkan keinginan setiap pengendara untuk mendapat lisensi berkendara. Yang terbaru, bapak-bapak polisi sampai bikin kursus untuk para calon pemegang SIM agar lulus. Tapi tetap saja praktek dan fenomena ‘SIM Nembak’ masih ada…

Lain padang, tentu lain ilalang. Mungkin ungkapan ini cocok untuk melihat fenomena SIM di Indonesia kalau kita mau membandingkannya dengan Inggris..

Sebab, bukan apa-apa. Ternyata bikin SIM di Inggris cenderung susah broo.. Bahkan ada seorang yang sampai gagal uji teori setelah 92 kali mencoba. ckckck…

Fenomena ini dibeberkan oleh Driving Standards Agency setelah ada permintaan terkait ‘Freedom of Information’ meski nama-nama peserta itu tidaklah dipublikasi.

Pada data yang disajikan sama si bule itu ada seorang pria Inggris berusia 28 tahun yang gagal setelah mengikuti 92 kali tes teori. Padahal untuk mengikuti tiap ujian teori setiap orang harus membayar 75 pounds atau sekitar Rp 1 jutaan. Jadi, untuk mengikuti 92 tes yang gagal itu, si bule total menghabiskan dana hingga Rp 40 jutaan Rp 92 jutaan. Tanpa hasil!!!

Padahal lagi, pria asal Leicester itu baru sampai pada tahap uji teori lho. Jadi terang saja dia tidak bisa ikut ujian praktek apalagi punya SIM. Tapip anehnya, si bule pantang menyerah ya… hehehe

Ada pula seorang pria 33 tahun, juga dari Leicester, telah gagal dalam tes praktek sebanyak 22 kali sebelum akhirnya lulus. Sementara itu, ada seorang pria 46 tahun yang masih mendaftar untuk ujian praktek ke 21 setelah gagal di tes ke-20 di Wigston.

Disana, pengetesan teori sebenarnya sama seperti di Indonesia yang meliputi pertanyaan pilihan ganda tentang aturan jalan, ditambah tes ‘persepsi bahaya’ dimana peserta tes dapat menentukan titik bahaya jalan pada video mengemudi yang diputar.

“Ini jumlah yang luar biasa terkait kegagalan tes. Saya tidak pernah mendengar yang seperti itu,” kata instruktur mengemudi Phil Oliver yang memiliki sekolah mengemudi di Leicester.

Meski kenyataan di Inggris tadi bisa bikin kepala geleng-geleng, gue pribadi setuju juga kalau seleksi penerima SIM diperketat. Ya, alasannya sederhana..

Karena, secara de jure, pembuatan SIM ini adalah pintu gerbang orang berkendara di jalan. Nah, kalau pak polisi bisa selektif memberikan SIM hanya kepada mereka yang pantas mendapatkannya, paling tidak kecelakaan di jalan akibat human error bisa direduksi walau tidak bisa dihilangkan sepenuhnya….. Tul ga…

    • bodats
    • April 12th, 2012

    Tahun 2006 gue bikin udah kena 350reban bon…….😀

    • progressive-farmer
    • April 13th, 2012

    spongebob hebat juga tuh, berapa kali test SIM gagal tp tetep usaha :))

    • Yaya
    • April 23rd, 2012

    Yah Si agan, salah tuh matematika nya klo 75 pounds sekitar 1 jutaan, si bule gagal 92 kali bukannya 40 juta Gan, ( 1 Juta X 92 = 92 Juta ),, Ckckckck.. Sorry gan saya biasa klo baca emang detil… PEACE

    • Wah iya.. bener-bener.. maaf ya dan terima kasih udah ingetin… Cheers

  1. iyaa yah sekarang bikin SIM mah gampang banget, tinggal nembak ajaa..
    eh akibatnya makin tinggi anka kecelakan dijalan raya,, yaah mungkin bikin SIM dengan cara nembak salah satu akibatnya. -_-

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: