Ini Dia Pencetak Rekor Kecepatan Motor Pertama!!!!

Kalau bicara soal motor sport tentu tidak jauh-jauh dengan kecepatan. Betul ga? Nah, kalau selama ini kita selalu terpesona dengan motor-motor sport terbaru yang kuencanggg.. Gua mau coba share sesuatu yang lain nih.

Karena, tentu ga asik rasanya kalau ngomongin sesuatu tapi ga tahu sejarahnya. Ya kan… Nah, ada yang tahu ga motor apa yag pertama kali mencetak rekor kecepatan.. Ayoo cepat tunjuk tangan…

Sebab, memang sudah sejak lama setiap penggila kecepatan selalu berambisi untuk menempatkan nama mereka ke buku sejarah sebagai pengendara motor dengan kecepatan tertinggi di dunia.

Hingga kini pun perlombaan mencetak rekor kecepatan dengan menggunakan sepeda motor terus berlangsung.

Dan setelah berseluncur mencarinya, ternyata rekor kecepatan dengan menggunakan sepeda motor pertama diukir oleh seorang pilot pesawat terbang bernama Glenn Hammond Curtiss!!!

Pilot yang juga menjadi pioneer di industri penerbangan Amerika ini dengan gila berhasil memecahkan rekor kecepatan pertama kali di 24 Januari tahun 1907.

Ceritanya, Saat itu Curtiss mencetak sejarah dengan menunggangi sebuah motor bermesin V8 di Ormond Beach di pantai timur Florida, Amerika serikat. Waktu itu, Curtiss berhasil mencapai kecepatan tertinggi hingga sekitar 219,3 km per jam. Untuk ukuran jaman baheula seperti itu, kecepatan tadi tentu sudah mengagumkan…

Dan dengan prestasi tersebut, Curtiss pun menjadi manusia tercepat di dunia. Dan hebatnya lagi, rekor yang ditorehkannya ini berhasil bertahan hingga 11 tahun sebelum kemudian dilampaui bukan oleh motor melainkan oleh perusahaan mobil Blitzen Benz yang berhasil mencapai kecepatan sekitar 226,9 km per jam. ckckck..

Motor yang membawa Curtiss ke buku sejarah otomotif sendiri merupakan sebuah motor yang dia rancang sendiri dengan mesin V-Twin, inline yang berpendingin udara.

Mesin yang sesungguhnya merupakan sebuah mesin yang dia rancang untuk pesawat terbang itu berkekuatan 40 hp yang kemudian dimasukkan ke sebuah frame hingga akhirnya berbentuk menjadi seperti motor pada umumnya.

Ketika mencetak rekor, Curtiss membutuhkan jarak hingga 3,2 km untuk mencapai kecepatan penuh sekitar 219,3 km perjam. Selain menjadi manusia tercepat pertama, dengan prestasi tersebut Curtiss pun berhak menyandang predikat sebagai orang pertama yang melakukan perjalanan satu mil (1,6 km) hanya dalam 25,25 detik saja. Hmm, keren!!!

  1. motor drag dari dulu identik ban cacing yah

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: