Bahaya! Jangan Sepelekan Rasa Kantuk

Ahh, udara musim hujan memang membuat malas dan sering kali membuat kita mengantuk. Tapi bagi yang sedang berkendara, berhati-hatilah terhadap kantuk. Sebab sebuah survei di Amerika Serikat mengungkapkan kalau ada 1,9 juta orang disana yang mengalami kecelakaan karena menyetir saat ngantuk berat melanda. Jadi, berhati-hatilah Anda saat menyetir.

Survei yang dilakukan oleh the National Sleep Foundation ini menyebutkan lebih dari setengah pengemudi mengaku pernah menyetir sambil mengantuk. Jika sudah begitu, risiko kecelakaan pun bisa mencapai 1,9 juta di AS sana.

Angka ini memang hanya sekitar 1 persen dari total pengemudi yang ada di AS. Tapi tetap saja itu adalah nyawa manusia dan parahnya, biasanya seseorang tidak sadar mengalami proses ngantuk itu. Satu-satunya pengingat hanya jika terjadi kecelakaan. Jadi, mari kita berhati-hati dan jangan lagi sepelekan rasa kantuk.

Studi juga menunjukkan bahwa tidak tidur selama 20 jam bisa membuat seseorang seperti orang mabuk dan kehilangan kontrol dirinya. Rasa kantuk akan memperlambat waktu dan membuat seseorang kurang sadar.

Untuk itu, The National Sleep Foundation mengingatkan agar berhenti sejenak jika sudah ada pertanda bahaya berikut :

* Susah konsentrasi, kelopak mata sudah sulit dibuka, dan sulit menghindari mimpi di siang hari
* Sering terangguk-angguk dan lupa berapa jarak yang sudah ditempuh ketika menyetir
* sering menutup mata 1-2 detik, penglihatan sulit untuk fokus, resah dan gelisah, sering menguap, terlihat lelah dan kuyu dan tidak merespons orang sekitar.

Dan untuk mengurangi rasa itu, para pengendara seperti kita nih, disarankan untuk beristirahat atau tidur selama 15-30 menit kalau sudah waktunya mengantuk. Mungkin ini bisa dilakukan dengan cara memarkir dahulu mobil kita ke tempat yang aman.

Kalau tidak bisa, berhentilah sejenak dan belilah minuman berkafein agar tetap terjaga beberapa jam kemudian. Namun ingat, kafein tidak akan bisa menggantikan tidur. Solusinya yang sudah pasti saja, kita harus tetap harus memejamkan mata karena kita bukanlah robot.

Dan yang tak kalah penting, jangan berkendara di bawah pengaruh obat-obatan, gerakkan mata dan tumit supaya memperlancar peredaran darah, sering mengkonsumsi air putih dan beberapa buah, serta buka kaca mobil setiap 2 jam saat kita berkendara.

Hal-hal ini sangatlah penting. Sebab penelitian lain menunjukkan kalau satu dari lima kecelakaan fatal disebabkan karena pengemudi yang lelah.

Namun, angka yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dan organisasi keselamatan di Inggris ini diperkirakan jauh lebih tinggi. Karena sulit menentukan apakah pengemudi tertidur atau tidak ketika terjadi kecelakaan. Apalagi bila itu menyebabkan korban jiwa.

Padahal, para pengendara harus beristirahat setiap dua jam sekali ketika mereka melakukan perjalanan panjang dan ternyata hampir tiga per empat responden gagal melakukan hal ini.

Tapi tetap saja para pengendara membandel. Dari 800 pengemudi yang disurvei, mereka memiliki obat ngantuk sendiri yang populer yakni membuka jendela, mendengarkan musik atau menciprati muka mereka dengan air. Tetap saja itu bahaya bro…

  1. Pertamax😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: