Sabuk Pengaman dan Sejarah yang Terlupakan

sany0225
Ahh, Kita semua pasti tidak pernah ada yang bertanya, sebenarnya siapa sih yang pertama kali membuat sabuk pengaman. Mungkin karena piranti keamanan ini sudah jadi barang yang lumrah ada di mobil ya. Tapi, usut punya usut, piranti keselamatan ini ternyata pertama kali ditemukan dan digunakan oleh produsen mobil Volvo.

aa010777_seatbelt1Piranti yang sering kali diabaikan oleh banyak orang tapi memiliki manfaat yang besar ini ditemukan oleh seorang teknisi Volvo yakni Nils Bohlin pada tahun 1959 lalu.

Dan siapa pula yang sadar kalau pada bulan Agustus 2009 lalu tepatnya 13 Agustus 2009, sabuk pengaman merayakan tanda hari jadi eksistensinya yang ke-50 tahun. Ketika itu, sebagai hadiah ulang tahun, Volvo pun melepas hak paten mereka terhadap piranti keselamatan paling utama dan membiarkan semua produsen mobil lain menggunakannya secara gratis.

Jadi bisa dibilang, sebelum tanggal itu, semua produsen mobil yang menggunakan sabuk pengaman terus membayar royalti pada Volvo selama puluhan tahun.

seatbeltSabuk pengaman yang dimaksud adalah sabuk pengaman tiga titik yang pasti ada di semua mobil masa kini dan sebagian besar negara sudah membuat peraturan yang mengharuskan setiap orang  yang menaiki mobil untuk menggunakan sabuk pengaman mereka. Sebab, sabuk pengaman ini dinilai cerdas, karena selain mudah digunakan serta terbukti sangat membantu penumpang maupun pengendara mobil untuk mengamankan posisinya.

Piranti ini pun bahkan disebut sebagai sebuah inovasi yang pantas diperhitungkan dalam industri mobil yang sudah memiliki sejarah lebih dari 120 tahun. Karena diperkirakan lebih dari sejuta orang berhutang nyawa pada alat ini.

“Itulah sebabnya kami ingin mengatakan bahwa ada sedikit rasa Volvo di setiap mobil,” kata managing director Volvo Car Australia, Alan Desselss ketika pelepasan paten itu dilakukan.

Nah, untuk urusan peraturan menggunakan sabuk pengaman, negara mana ya yang pertama kali mengharuskan warganya menggunakan piranti ini ketika mengendarai mobil? Ternyata, Victoria yang merupakan negara bagian Australia-lah yang menjadi negara pertama di seluruh dunia yang mengatur hal tersebut pada tahun 1970 silam. Dan hebatnya, pada tahun pertama dilaksanakan, peraturan menggunakan sabuk pengaman ini telah dapat mengurangi kecelakaan berdampak fatal hingga 18 persen.

  1. Pertamax…betul itu…

  2. di daerah….barang langka itu
    *kecuali ada operasi polisi

  3. eh salam kenal

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: