Terbius Masjid 1.000 Burung Dara

jama-1

Meski mayoritas penduduknya adalah umat Hindu, India ternyata memiliki sejarah keislaman yang dalam. Masjid Jama di Old Delhi adalah buktinya. Masjid terbesar di India ini kian cantik dengan ribuan burung dara yang terbang kian kemari.

Masjid yang bernama asli Masjid-i Jahan-Numa ini adalah masjid utama Old Delhi di India dan dapat digapai dengan mudah. Berbagai angkutan siap mengantar para wisatawan kesana, apalagi letaknya di jalan utama yang sangat sibuk Old Delhi, Chawri Bazar Road yang cenderung semrawut.

Masjid yang memiliki tiga gerbang timur, utara dan selatan ini, ternyata dibangun atas gagasan kekaisaran Mughal Shah Jahan yang juga membangun Taj Mahal. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun masjid ini dimulai pada tahun 1650 dan selesai pada tahun 1656.

Ketika selesai dibangun, jadilah Masjid Jama menjadi masjid terbesar dan paling terkenal di India hingga sekarang.

jama-2Nama masjid ini didasari oleh kebiasaan berjamaah umat Islam ketika melaksanakan salat Jumat. Halamannya mampu menampung 25 ribu jamaah dengan berbagai peninggalan antik termasuk salinan Al-Qur’an yang ditulis pada kulit rusa.

Saya berkesempatan menyambangi masjid yang di dominasi warna merah ini pada akhir Desember lalu. Warna merah sendiri timbul berkat penggunaan batu pasir merah sebagai bahan pembangunnya.

Sekilas pandang saja, kemegahan sudah terasa. Apalagi suasana makin meriah dengan hadirnya ratusan burung dara di halaman masjid yang dibangun oleh 6.000 pekerja dan ditempati makam Sultan Ahmed Shah ini.

jama-3Arsitektur khas Mughal membuat masjid ini berdiri gagah. Menara setinggi 41 meter juga terlihat kokoh berdiri meski sudah berusia ratusan tahun lamanya. Di bagian dalam, tampak marmer putih yang dirancang sedemikian rupa agar mirip dengan sajadah.

Uniknya, kolam di tengah halaman masjid ternyata banyak digunakan berwudhu oleh para jamaah yang hendak melakukan salat. Padahal pengelola sudah menyediakan deretan keran di sisi halaman sebagai ‘tempat wudhu resmi’.

Meski sudah berumur sepuh, Masjid Jama tetaplah kuat seperti sebuah bangunan muda, dan menjadi salah satu bukti kekuatan Islam di India sejak dahulu kala.

  1. bagus bangeett pasti nih tempatt,,, aaah jadi mau kesanaaaa \o/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: