Ketika Honda dan Yamaha ‘Jilat Ludah’

fino-in3

Ketika urusan uang, semua bisa dilakukan, termasuk menjilat ludah sendiri. Hal itu terjadi pada banyak tempat dan kesempatan tapi yang mentereng adalah langkah yang diambil Yamaha dan Honda.

Bukan apa-apa, coba saja ingat ketika dahulu nama Honda tercetus dari mulut. Hal pertama yang akan kita ingat adalah motor bemodel cub alias bebek. Ya, karena Honda sejak dahulu memang rajanya bebek.

vario_detikoto_inNamun tahun berlalu dan di 2006 Honda mulai bermain di segmen skutik. Padahal, sebelumnya Honda masih tetap keukeh kalau skuter otomatis hanyalah segmen kecil yang hanya dimainkan oleh Kymco dan kemudian Yamaha. Pada akhirnya, Honda pun kalah pada prinsipnya dan ikut bermain di segmen ini yang pada akhirnya menjadikan mereka juga sebagai raja skutik.

Hal yang sama ‘menyakitkan’ terjadi pada Yamaha. Pabrikan berlambang garpu tala ini pernah mengatakan kalau tidak akan main di segmen skutik retro dan tidak akan mengikuti jejak rivalnya saat mengeluarkan Honda Scoopy.

fino-in6Mereka ketika itu beranggapan kalau skutik retro adalah tren sesaat dan karenanya tidak akan mereka ikut ramaikan. Yamaha bahkan pernah mengatakan kalau trend masa depan adalah motor sport dan tren retro sudah ketinggalan jaman. Maklum, ketika itu Yamaha memang sedang fokus pada motor sport mereka, sama ketika beberapa tahun lalu Honda masih fokus pada motor bebekanya.

Tapi kenyataannya, kini Mio Fino siap keluar seolah lupa dengan argumen lama yang pernah mereka keluarkan.

Ya, apa mau dikata. Itulah bisnis. Semua bisa berubah dengan cepat. Tapi yang pasti, kita bisa ambil sisi positifnya yakni ‘lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.’

  1. wah gan,yamaha fino udah ada di jepang thn 1999 gan

  2. yaa itulah bisnis, bisa bikin orang menjadi macem2.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: