India Gate: Arc de Triomphe ala India

india-1

Melihat sekilas bentuknya, mungkin Anda akan menyangka kalau ini adalah Arc de Triomphe di Paris, Prancis. Eits, jangan salah sangka. Rupanya India juga membangun monumen yang serupa: India Gate.

Pengunjung berfoto dengan latar India Gate

Pengunjung berfoto dengan latar India Gate

India Gate ini adalah monumen nasional India yang terletak di jantung kota New Delhi, India. Saya berkesempatan mengunjungi tempat ini Desember 2011 lalu.

India Gate bisa dicapai dari stasiun kereta bawah tanah (Metro) Central Secretariat, lalu lurus berjalan kaki 1,6 km. Atau, Anda turun di halte bus Dr Zakir Hussain Marg dan berjalan 800 meter.

India Gate dirancang oleh Sir Edwin Lutyens yang terinspirasi dari Arc de Triomphe di Paris. Jadi bisa dibilang ini adalah Arc de Triomphe versi India.

Nama-nama pahlawan

Nama-nama pahlawan

Dibangun pada tahun 1931, India Gate sengaja dibuat untuk mengenang 90.000 prajurit Angkatan Darat India yang kehilangan nyawa saat Perang Dunia I ketika membantu Inggris. Karena itu, bila Anda jeli, maka Anda akan mendapati nama-nama para prajurit terpahat di permukaan monumen yang memiliki tinggi 42 meter ini.

India Gate juga menjadi makam yang tidak diketahui namanya. Makam itu dikenal sebagai Jawan Amar Jyoti yang berarti Api Abadi Tentara.

Karena itu pula, ada 3 bendera yang terlihat dipasang di berbagai sudut yang mewakili 3 kekuatan militer India yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Seorang prajurit dari angkatan masing-masing menjaga pintu gerbang dan makam selama 24 jam.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: