Gembok Cinta Tembok Raksasa

gembokchina11

Kemegahan tembok besar China memang sudah melegenda sejak ratusan tahun silam. Karenanya, tidak heran bila banyak pelancong penasaran dengan tembok yang dibangun pada tahun 221 sebelum masehi itu.

Di samping terkenal karena kemegahannya, bangunan yang dulu merupakan satu-satunya yang dapat dilihat dari luar angkasa ini, ternyata menyimpan keunikan lain, yakni tradisi gembok cinta.

Tradisi ini dimulai pada 6 November 1999 ketika pengelola tembok raksasa menjulurkan sebuah rantai di dinding tembok besar. Adanya rantai tersebut tentu menarik perhatian, dan lambat laun memulai kebiasaan baru bagi pengunjung Great Wall.

gembokchina31Seperti yang dilakukan para pengunjung ketika saya berkesempatan datang kesana 2 tahun lalu. Mereka mulai menaruh gembok yang sudah berukiran nama mereka dan pasangan pada rantai. Mitosnya, bagi siapa saja pasangan yang mengunci sebuah gembok yang berukir nama mereka berdua di tembok raksasa, maka hubungan mereka akan selalu langgeng.

Konon, dengan mengunci gembok mereka di tembok raksasa, maka cinta mereka bakal direstui karena hal itu disaksikan tidak hanya oleh tembok raksasa, tapi juga oleh alam dan dunia.

Karena itulah tidak heran bila kini sudah ada ratusan atau bahkan ribuan gembok yang terkunci di rantai di beberapa lokasi tembok raksasa.

Uniknya lagi, yang mempercayai mitos ini ternyata bukanlah hanya penduduk dan turis lokal saja. Tetapi juga turis-turis dari mancanegara yang ternyata juga berharap peruntungan dari mitos ini.

gembokchina2

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: