Hitler Curi Konsep VW Beetle dari Insinyur Yahudi!

beetle

Bila kita berbicara mengenai sejarah mobil ikonik Volkswagen Beetle, nama Adolf Hitler pasti ikut serta. Sebab dunia mencatat Hitler-lah yang mencetuskan ide membuat mobil murah bagi rakyat Jerman yang pada akhirnya melahirkan Volkswagen Beetle.

Namun ternyata, seorang sejarawan mengklaim kalau Hitler sesungguhnya mencuri ide seorang insinyur Yahudi. Saat ini, catatan sejarah dunia tertulis kalau Hitler yang mencetuskan ide ‘mobil rakyat’. Dialah orang yang mendorong terciptanya mobil tersebut.

Ketika awal diskusi dengan desainer mobil Ferdinand Porsche pada tahun 1935, Hitler pun dianggap sebagai orang pertama yang mencorat-coret kertas untuk menggambarkan sketsa kasar mobil itu kepada Porsche sebelum akhirnya disempurnakan oleh Porsche.

Di masa Hitler, pemimpin yang dianggap diktator oleh banyak kalangan ini menetapkan kalau Jerman harus memiliki sebuah kendaraan empat kursi dengan mesin berpendingin udara dengan harga tidak lebih dari 1.000 Reichsmark.

Akhirnya lahirlah Volkswagen Beetle yang dianggap sebagai representasi ide Hitler tersebut. Volkswagen Beetle pun juga dianggap sebagai satu-satunya prestasi positif Hitler untuk Jerman.

Namun dalam buku karangan Paul Schilperoord berjudul ‘The Extraordinary Life of Josef Ganz’ terungkap kalau seorang insinyur Yahudi bernama Josef Ganz adalah orang dibalik ide Volkswagen Beetle tersebut dan Hitler dianggap mencontek ide Ganz itu.

Karya Ganz

Karya Ganz

Karena tiga tahun sebelum Hitler menggambarkan ide mobil kodoknya kepada Porsche di sebuah hotel di Berlin, Ganz telah mengendarai mobil yang dia sebut Maikaefer atau May Bug.

Desain mobil buatan Ganz ini sangat mirip dengan desain Volkswagen Beetle yang dikembangkan Porsche dan Hitler. Bahkan Ganz pun ternyata sudah memikirkan proyek mobil murah sejak tahun 1928 dan sketsa mobil yang mirip dengan Beetle telah banyak dibuatnya.

Mobil May Bug memiliki sasis tubular backbone dengan mesin yang berada di belakang, suspensi independen dan tubuh yang mirip dengan VW Beetle.

Hitler sendiri kemungkinan terinspirasi untuk membuat mobil murah dengan desain mirip dengan May Bug buatan Ganz setelah menghadiri sebuah pameran mobil di tahun 1933.

Namun hal itu berbuah pahit bagi Ganz karena pada tahun 1935, hanya beberapa hari setelah pertemuan Hitler dan Porsche, majalan mobil milik Ganz harus ditutup dan dia pun langsung bermasalah dengan Gestapo hingga akhirnya dia lari ke Swiss dan meninggal di Australia pada tahun 1967.

“Begitu banyak hal yang sama pada sketsa Hitler. Hitler jelas melihat prototipenya dan aku yakin dia pasti telah membaca majalah Ganz,” ujar Schilperoord.

Sketsa buatan Ganz jauh sebelum Hitler

Sketsa buatan Ganz jauh sebelum Hitler

“Cukup jelas bahwa Ganz memiliki pengaruh besar pada bagaimana ide itu dikembangkan oleh Nazi. Ferdinand Porsche mengendarai prototipe Ganz pada tahun 1931. Saya menemukan banyak bukti bahwa semua mesin belakang serupa di tahun 1930 yang dapat ditelusuri akan kembali ke Ganz,” tambahnya.

“Bahkan harga juga sama. Porsche mengatakan kalau membuatnya menjadi 1.000 Reichsmark tidaklah mungkin tetapi dipaksa oleh Nazi,” cetusnya lagi.

Sketsa karya Hitler

Sketsa karya Hitler

Dengan buku sejarah ini, citra Porsche sebagai desainer terkemuka di Jerman pun pada akhirnya dipertaruhkan. Bahkan beberapa kritikus mengklaim kalau dia adalah seorang penjahat perang.

Sebab meskipun VW mengakui memproduksi komponen-komponen untuk militer, tapi saat itu pabrik VW menggunakan tenaga kerja budak dan Porsche tidak pernah diadili atas kejahatan tersebut.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: