Mobil Kepresidenan Pertama Hasil Rampasan dari Jepang

soekarno-dalam

Soekarno adalah seorang kepala negara pertama Indonesia. Sosoknya kharismatik beliau sangat dikagumi oleh masyarakat Indonesia. Tapi, apakah anda tahu, mobil-mobil apa saja yang pernah ‘mendapat kehormatan’ untuk menjadi mobil dinas presiden pertama Indonesia ini?

Mobil pertama yang beliau gunakan sebagai mobil dinas adalah sebuah Buick Eight, buatan Buick. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1451 unit pada tahun 1939. Dan memiliki kapasitas sebesar 5248cc dengan mesin empat langkah yang memiliki 8 silinder dan 2 katup di setiap silindernya.

Mobil yang menyandang nomor polisi Rep-1 ini juga memiliki perbandingan kompresi yang cukup prima, yaitu, 6.35:1.
Selain itu, mobil inipun juga dapat mengeluarkan tenaga yang cukup mumpuni pada zamannya, yakni, dapat mencapai 141 hp pada 3600 rpm. Serta memiliki perbandingan Bore X Stroke, 87.3 X 109.5.

Mobil Buick Limited-8 milik Soekarno ini secara visual memang terlihat sangat berwibawa. Apalagi untuk menunjang kemewahan serta guna menjaga ‘rahasia negara’ yang mungkin terucap di dalam kabin mobil tersebut, maka mobil inipun juga dilengkapi dengan selembar kaca yang memisahkan penumpangnya dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar.

Mobil dinas pertama presiden kita tersebut adalah sebuah hasil rampasan saat masa pendudukan Jepang. Konon, Buick Eight tersebut adalah mobil ‘terbagus’ yang ada di Jakarta saat itu. Hingga kini, kendaraan kepresidenan pertama itu tersimpan rapi di Gedong Joang 45.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: