Membaca Koran Dinding di Beijing

Dahulu di kantor-kantor pemerintah dan beberapa tempat umum kita bisa membaca koran tanpa perlu membelinya karena koran tersebut ditaruh di sebuah mading.

Namun kini, mading-mading itu sudah berubah menjadi mading tempat menaruh sebuah pengumuman. Jadi kini kebiasaan tersebut memudar dan sangat jarang kita temukan lagi ada mading yang diisi oleh koran terbaru.

Koran dinding terlupakan di Indonesia, masih tradisi di Beijing

Padahal selain berguna memberikan informasi terkini pada masyarakat, mading yang berisi koran terbaru itu pun sangat berguna untuk merangsang minat baca masyarakat.

Tapi di negeri tirai bambu, China, kebiasaan tersebut sepertinya masih terus dipertahankan. Bahkan dibeberapa titik jalan utama kota Beijing mading-mading itu berderet rapi dan bersanding dengan bilboard-billboard yang juga banyak bertebaran.

Penduduk Beijing sedang membaca koran dinding

Dan seperti layaknya koran pada umumnya, koran yang ditempel di mading pun tidak hanya berisi berita-berita mengenai politik dan keberhasilan partai komunis dalam membangun China.

Artikel-artikel olahraga seperti sepak bola dan basket juga terpajang rapi. Ini tentu menarik minat penduduk yang lewat didepannya.

Koran dinding bisa jadi arena diskusi antar warga

Banyak penduduk yang sengaja berhenti untuk membaca, dan bila itu sudah terjadi, maka mading pun berubah menjadi ajang diskusi. Sebab beberapa orang yang tidak saling mengenal akan bersama-sama mengomentari berita yang ada. Disinilah persinggungan dan komunikasi berjalan diantara masyarakat.

Hal ini sepertinya pantas kembali dihidupkan di negeri kita. Terlebih kini minat baca masyarakat kian hari dan kian generasi terus saja menurun.

Koran dinding masih diminati penduduk China

Photography : Syubhan Akib

    • dilkodil
    • May 24th, 2010

    kalo yg kyk gini, di Semarang masih ada loh!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: