Saling Klaim, TV Sudah Sama Seperti Politishit…

television07

Melihat tayangan televisi di beberapa stasiun belakangan ini membuat saya sangat sedih selaigus heran.

Sedih karena Indonesia yang menjadi tempat tinggal saya dari lahir masih terus memperoleh cobaan berat. Namun aneh pula, karena disaat seperti itu, stasiun televisi (terutama 2 stasiun yang sekarang sedang bersaing, tau sendiri kan?) saling klaim siapa yang paling cepat memberitakan atau sampai ke lokasi kejadian.

Kondisi ini mirip dengan Munas partai Golkar, dimana dua calon kandidat ketua umum partai berlambang pohon beringin itu saling klaim jumlah dukungan.

Bila sudah begini, berarti situasi persaingan industri televisi kita telah masuk ke tahap politisasi isu dan kejadian yang sedang berlangsung, layaknya politisi sungguhan.

Hal ini tentu sangat menyedihkan, karena setiap kejadian digunakan oleh kedua stasiun tadi untuk saling klaim, siapa yang tercepat, (meskipun sebenarnya yang paling cepat memberitakan masih detik.com).

Kedua stasiun itu menjadikan setiap kejadian entah itu teroris, pemilu ataupun bencana alam sekarang sebagai sebuah hal yang pantas di EKSPLOITASI. Kesedihan dan kenestapaan perasaan korban dieksploitasi sampai tingkat tertinggi seolah kejadian ini tidak ubahnya sebagai sebuah adegan film drama yang sarat air mata.

Kondisi saling klaim diantara keduanya pun menjadikan para pemirsanya menjadi bingung, terlebih kata-kata yang digunakan sangat sumir dan tipis sekali perbedaannya.

Sebenarnya semua itu masih dalam taraf wajar dalam dunia periklanan yang kemudian diadopsi ke dunia jurnalistik dimana prestasi akan menentukan nama besar dan nama besar tentu akan menentukan tarif iklan. Betulkan?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: