Jangan Merokok Sambil Nyetir!

Bagi perokok, bisa merokok dalam mobil mungkin memberikan kenikmatan tersendiri. Tapi jangan salah, merokok ketika kita sedang mengendarai mobil bisa berujung bahaya.

Bukan apa-apa masbro. Alasannya sih sepele. Karena merokok saat mengemudi bisa memecah konsentrasi Anda ketika berada di jalan raya.

Bayangkan masbro jika masbro sedang berkendara dengan kecepatan 100 km/jam dan tiba-tiba bara api rokok jatuh di pangkuan, lalu apa yang terjadi?

Kalo ane sih pasti akan breakdancing seperti Michael Jackson untuk menghindari panasnya bara api, dan tanpa disadari rintangan besar sudah ada di depan dan siap menghajar kita. :D :D :D

Bayangan seperti itu seakan tidak pernah diindahkan oleh pengemudi zaman sekarang, yang sebenarnya merokok sambil mengemudi dianggap sebagai gangguan karena dapat memecah konsentrasi.

Banyak pengemudi saat ini seolah cuek menikmati sebatang rokok padahal bahaya mengintai kapan saja dan kemungkinan menghampirinya setiap saat.

Memang pemerintah saat ini baru memuat aturan larangan merokok di gedung perkantoran dan tempat umum, namun tidak ada aturan untuk menilang atau menegur pengemudi yang asyik menikmati rokok ketika sedang berkendara.

Merokok merupakan salah satu gangguan internal ketika berkendara. Gangguan internal lain yang kerap muncul adalah menggunakan telepon seluler alias HP ketika berkendara.

Padahal nih,, penelitian internasional mengungkapkan bahwa menelepon sambil mengemudi menyumbang satu dari setiap 4 kecelakaan mobil. Lebih mantap lagi, terjadi sekitar 1,5 juta kecelekaan setiap tahunnya atau 4.000 kecelakaan per harinya akibat menggunakan HP.

Gangguan internal lain adalah makan dan minum ketika berkendara. Lebih baik anda berhenti atau mengemudi bergantian bila ingin minum atau makan.

About these ads
  1. Kalo sambil naik motor gimana gan ? Ngisep asep campur debu asik aja ya :D

  2. kalo pacaran sambil nyetir gimana bon? :mrgreen:

      • z1rider
      • October 23rd, 2012

      Enak lho :)

    • syaffa
    • October 11th, 2012

    nah ini artikel keren kayak nya,pemerintah kudu buat aturan baru tentang tidak boleh merokok saat mengemudi,baik motor maupun mobil,karna itu lebih berbahaya dari menggunakan hp…

  3. buang abu rokoknya ngenain orang lain… :evil:

    • Haroem
    • November 21st, 2012

    Nice artikel.. Baru menyadari betapa bahayanya merokok sambeli nyetir…

  4. naah ini nih yang sering dilakuin banyak orang,, padahal mereka ngga nyadar bahayanya kalo nyetir sambil ngerokok.
    tp ngga mobil ajaa, motor juga nih.

  5. gak baik tuh merokok samnil mengendarain apapun ituu mobil or motorr..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: