Mobil Jadul Bermesin 21.700 cc…

Yes, yes, yes… Cerita tentang usaha pemecahan rekor kecepatan memang sudah berlangsung sejak lama. Dan mobil bertubuh gambot ini adalah salah satu pelakunya.

Dan seperti halnya manusia, mobil ini juga punya nama lho yakni Mefistofele. Cerita mobil ini dimulai pada tahun 1908, ketika Fiat memperkenalkan SB4 chain-driven Grand Prix, setelah melihat aksi mobil ini di lintasan balap, seorang bernama Sir Ernest Eldridge dari Inggris kemudian membeli mobil tersebut dengan tujuan untuk mengubahnya menjadi pemecah rekor kecepatan. Iseng amat ya tuh orang…

Namun, lagi asik-asiknya ngulik tuh mobil, eh, ada satu masalah, Eldridge ternyata masih menganggap mesin mobil asli yang berkapasitas 18.000 cc masih terlalu kecil. Akhirnya, Eldridge pun menganti mesin standar tersebut dengan mesin pesawat. Huft…

Dan akhirnya, mobil Fiat ini pun memiliki sebuah mesin baru yang sudah dilengkapi dengan liquid-cooled dengan kapasitas 21.7 liter dengan konvigurasi enam silinder inline yang mampu mengembangkan tenaga hingga 320 tenaga kuda pada 1.800 rpm. Gile, beruntung banget kita hidup di jaman sekarang. Sebab kalau sekarang, angka 320 hp paling cuma butuh mesin standar 4.0 liter saja.. :D

Nah, setelah dapur pacu dibenahi, Eldridge lalu mulai melirik sasis yang digunakan SB4. Eldridge memperpanjang sasis yang menyokong mobil ini dengan mengaplikasi beberapa bagian sasis dari sebuah bus di London untuk mengakomodir mesin baru yang lebih panjang dan berat.

Nama Mefistofele sendiri didapat mobil ini pada tanggal 12 Juli 1924 karena wartawan yang menyaksikan aksi pertama mobil ini dibuat kaget oleh asap dan ledakan yang dihasilkan mesin besar tersebut.

Usaha Eldridge pun menuai sukses setelah Mefistofele mendapat momen terbaik dengan mengukir rekor kecepatan dunia di Arpajon, Prancis. Meski memiliki panjang 5,1 meter panjangnya dengan bobot lebih dari 2 ton, mobil ini masih sanggup mencapai kecepatan puncak hingga 234,98 km per jam.

Ini adalah rekor terakhir sebuah mobil yang melaju dan memecahkan rekor kecepatan dunia di jalanan umum. Setelah Mefistofele, seluruh pemecahan rekor kecepatan dilakukan di luar jalan umum mulai dari sirkuit, gurun hingga padang garam.

Dan meski rekor Mefistofele hanya bertahan selama 32 hari, ketenaran dari mobil gambot ini masih sanggup bertahan lebih dari satu abad sejak kelahirannya.

Pada tahun 1969 bos Fiat Giovanni Agnelli membeli Mefistofele dari ahli waris Sir Eldridge dan dikirim ke Italia. Di negeri pizza itu mobil ini kemudian mengalami restorasi besar dan menjadi salah satu koleksi yang memperlihatkan sejarah perusahaan di Centro Storico Fiat di Turin.

About these ads
  1. gak kebayang beratnya tuh mesin..

    • syaffa
    • July 16th, 2012

    ini mobil bisa berubah jadi robat kali ya,haha gila ini mobil dapat imajinasi dari mana penciptanya,asli deh unik,mana berat banged ya…

  2. Wehhh, bener ga nih? Masa Mobil Jadul Bermesin 21.700 cc… Kenapa ya ga dibikin lagi…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: